Manfaat dan khasiat tanaman Adem Ati

Manfaat serta khasiat tanaman Adem Ati
Manfaat dan khasiat tanaman adem ati - Tanaman Adem ati merupakan salah satu tanaman obat dengan ketinggian pohon bisa mencapai 10 meter, seperti pohon lain pada umumnya, tanaman adem ati memiliki batang yang berkayu dan bercabang-cabang, daun tunggal berbentuk elips dan memiliki warna daun hijau serta berbulu halus, bunga adem ati berbentuk malai dengan warna mahkota bunga putih kekuningan yang tumbuh pada bagian ketiak daun.

Bentuk buah tanaman adem ati yaitu bulat dengan warna hijau ketika muda dan berubah menjadi hitam ketika tua atau jika sudah matang, buah adem ati memiliki biji kecil berwarna coklat dan tumbuhan ini memiliki akar tunggang dengan warna coklat muda, nama lain tanaman adem ati disetiap daerah berbeda-beda seperti Huru batu, huru beusai, huru tangkalak, madang kapas (Sunda), kapu ketek, nyampu wingka, wuru beling (Jawa).

Kandungan dan manfaat tanaman Adem Ati

Kandungan dalam adem ati kaya akan fenantrena, aporfina, flavonoida, tanin, polifenol, dan minyak asiri. Bagian dari tanaman adem ati yang bisa dimanfaatkan yaitu bagian akar, kulit kayu, daun, dan biji.
  • Khasiat bagian akar yaitu untuk menyembuhkan mencret, radang usus, kencing manis, dan radang kulit bernanah
  • Khasiat bagian kulit kayu dan daun yaitu untuk mengatasi bisul, luka berdarah, radang kulit bernanah, radang payudara, serta bisa digunakan sebagai obat penenang dan penawar rasa sakit.
  • Khasiat bagian biji bisa digunakan sebagai obat luar untuk mengobati Bisul dan Luka memar.
Cara mengolah adem ati untuk obat
  • Untuk mengobati dan mencegah kencing manis : Siapkan 5 gr akar adem ati, 4 lembar dau salam segar dan 140 ml air, direbus hingga mendidih, di minum 2 kali sehari pagi dan sore, setiap minum 100 ml.
  • Untuk mengatasi mencret dan radang usus : Siapkan 6 gr akar adem ati, 6 gr rimpang kunyit segar an 110 ml air putih.Direbus, diambil airnya, di munum 1 kali sehari 100 ml, diulang selama 3 hari (mencret) dan untuk radang usus diulang selama 14 hari.
  • Untuk mengobati radang kulit bernanah, radang payudara, luka dan bisul : Siapkan Kulit kayu/daun segar adem ati secukupnya, daun sambilata secukupnya dan air secukupnya, di pipis hingga berbentuk pasta kemudian ratakan pasta pada bagian kulit yang sakit, sebelum dibaluri dengan pasta tersebut, sebaiknya dibersihkan dengan air hangat dahulu, ganti setiap 3 jam sekali agar penyakit segera sembuh.
  • Untuk obat penenang : Siapkan Adem ati segar 15 gr, cuci tanaman tersebut sampai bersih lalu dilumatkan hingga halus, ramuan ini bisa diaplikasikan pada dahi untuk mendapatkan efek relaksasi.
Demikian manfaat dan khasiat tanaman adem ati untuk kesehatan, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat dan khasiat tanaman Adem Ati"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

Artiku Indonesia Blogger