Manfaat dan kandungan buah dari tanaman Adas

Artiku Myblogs manfaat dan khasiat tanaman adas
Manfaat dan kandungan tanaman Adas untuk kesehatan tubuh - Adas merupakan jenis tanaman rempah yang bermanfaat sebagai bumbu masakan & juga sebagai tanaman obat.

Tanaman Adas merupakan salah satu kategori tumbuhan semak. Penyebaran tanaman Adas ini diperkirakan pertama kali diwilayah laut tengah. tumbuhan yang memiliki nama latin Foeniculum vulgare mill ini memiliki umur yang cukup panjang.

Ciri-ciri dari tanaman Adas

1.Pohon adas memiliki tinggi dari 50 cm hingga 2 meter.
Memiliki struktur batang yang merumpun dimana setiap rumpun umumnya terdiri dari 3 - 5 batang.

2.Batang memiliki warna hijau kebiru-biruan, bentuk batang beralur, beruas, dan berlubang. Bila batang dimemarkan akan mengeluarkan aroma yang wangi.

3.Daun adas tumbuh hingga mencapai 40 cm, posisi daun saling berseling, majemuk ganda dua dengan sirip-sirip yang sempit, bentuk jarum, ujung dan pangkal daun runcing, bagian tepi daun rata, berseludang dengan warna putih, seludang ini berselaput dan bagian atasnya memiliki bentuk seperti topi.

4.Susunan bunga adas berbentuk majemuk dan terdiri dari 6 – 40 gagang bunga, panjang ibu gagang bunga antara 5 s/d 10 cm, panjang 2 s/d 5 mm, mahkota bunga berwarna kuning dan tumbuh keluar dari ujung batang.

5.Tanaman adas memiliki buah berbentuk lonjong, berusuk dan panjang antara 6 – 10 mm serta lebar 3- 4 mm.

6.Buah berwarna hijau untuk yang muda dan coklat tua untuk buah yang sudah tua ( sebenarnya warna buah adas relative, ini di pengaruhi juga dari asal tanaman adas tersebut berasal )

7.Untuk buah yang sudah matang, akan mengeluarkan aroma yg khas, bila anda mencicipi buah adas , akan merasakan rasa seperti kamfer.


Kandungan dari buah Adas

Di dalam buah adas, terkandung minyak atsiri , kandungan ini yang menyebabkan buah adas memiliki aroma yang khas. Minyak yang berasal dari buah ini sering digunakan sebagai salah satu bahan pembuat minyak telon.


Manfaat buah Adas untuk kesehatan


Zat-zat yang terkandung dalam buah adas dapat membantu meransang kerja organ pencernaan, membantu melancarkan buang angina, dapat menghangatkan badan, serta mengencerkan dahak, membantu meningkatkan nafsu makan, insomnia, dan melancarkan datang bulan. Biji adas bisa juga dimanfaatkan sebagai obat herbal penghancur batu ginjal. Kandungan zat dan senyawa dalam minyak adas bisa membantu meluruhkan batu ginjal dan mengeluarkannya melalui saluran pencernaan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat dan kandungan buah dari tanaman Adas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

Artiku Indonesia Blogger