Dalam alur perjalanan hidup ini seringkali kita merasakan kekecewaan, sesuatu yang luput dari genggaman kita atau suatu keinginan yang tak tercapai & sebuah kenyataan yang tak sesuai dengan harapan dan pada akhirnya angan lelah tuk berandai-andai, sungguh semua itu telah hadirkan nelangsa yang begitu menggelora dalam jiwa, sungguh sangat beruntung andai dalam saat-saat terguncangnya jiwa masih ada setitik cahaya dalam kalbu untuk merenungi kebenaran.

Hidup ini ibarat belantara tempat kita mengejar berbagai keinginan dan memang manusia diciptakan mempunyai kehendak, mempunyai keinginan, akan tetapi tak semua yang kita harapkan bisa terbukti & tak semua yang kita inginkan bisa tercapai. Tak mudah untuk menyadari bahwa apa yang bukan menjadi hak kita tak perlu kita tangisi, banyak orang yang tak menyadari bahwa hidup ini tak punya satu hukum!! yang harus sukses, yang harus bahagia atau harus-harus yang lainya, betapa banyak orang yang sukses tetapi lupa bahwa sejatinya itu semua pemberian Tuhan hingga membuatnya sombong dan bertindak sewenang-wenang, begitu juga kegagalan sering tak dihadapi dengan benar, padahal dimensi dari kegagalan adalah tak tercapainya apa yang memang bukan hak kita, hakikat kegagalan ialah tak terengkuhnya apa yang memang bukan hak kita.

Apa yang memang menjadi bagian dari kita di dunia entah itu rezeki, jabatan, kedudukan pasti akan Tuhan berikan, tetapi apa yang memang bukan milik kita tak akan bisa kita miliki meski itu nyaris menghampiri kita meskipun kita mati-matian mengejarnya, harus benar-benar dipikirkan bahwa apa-apa yang kita rasa perlu didunia ini harus benar-benar perlu bila ada relevansinya dengan harapan kita akan bahagia di akhirat nanti.

Bila kita melakukan sesuatu, kemungkinan kita tak akan terlepas dari suatu kesalahan dan bila kita membuat kesalahan, itu adalah sesuatu luar biasa yang bermakna, dimana kita bisa mempunyai kesempatan untuk belajar sesuatu dari kesalahan itu, akuilah kesalahan kita, bila kita benar-benar salah, pelajari dan cari makna sebenarnya dan jawablah kesalahan itu karena kesalahan adalah guru yang baik untuk kita mengerti sesuatu yang belum kita temui.

Dengan kita mengenal yang salah kita akan menemukan sesuatu yang benar, bila kita menganggap masalah adalah beban, kita mungkin akan menghindarinya namun bila kita angap masalah adalah sebuah tantangan, kita pasti akan menghadapinya, masalah adalah tangga menuju kekuatan yang lebih tinggi, hadapilah masalah itu & ubahlah menjadi kekuatan untuk ke arah sukses.

Dari sebuah kesalahan kecil hingga timbulah masalah yang besar, namun disetiap masalah pasti ada jalan keluarnya, dibalik semua kesalahan kecil maupun besar pasti ada hikmah yang akan membuat kita mengerti akan arti kehidupan yang sejati.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top