loading...

Tips Ngobrol yang Bermanfaat Besama Rekan atau Sahabat

Tips Ngobrol yang Bermanfaat Bersama Rekan atau Sahabat
Tips Ngobrol yang Bermanfaat Bersama Rekan atau Sahabat - Ngobrol semalaman bersama Teman, rekan atau sahabat Anda itu bisa lebih bermanfaat dari pada belajar di sekolah selama sepuluh tahun ( menurut sebuah pepatah ). Tapi menurut saya sendiri. Belajar masih yang lebih penting dari pada sekedar ngobrol belaka, karena dengan belajar Anda akan dapat lebih banyak pengetahuan atau ilmu yang bisa Anda jadikan bahan obrolan yang bermutu.

Mungkin yang sering Anda jumpai dalam keseharian adalah ngobrol yang biasa saja seperti ketika Anda Jumpa teman/sahabat kemudian membicarakan seseorang baik / buruknya alias ngeGosip atau Curhat tentang masalah pribadi Anda atau lainya, untuk Ngobrol dengan kategori tersebut menurut saya kurang bermanfaat, trus Ngobrol yang bagaimana yang bermanfaat?. Obrolan yang bermanfaat yaitu bertukar cerita tentang pengalaman masing-masing baik itu pengalaman pekerjaan atau pengalaman yang Anda peroleh dilingkungan Anda, dan itu sangat bermanfaat karena Anda bisa belajar dari pengalaman orang lain. Obrolan yang bermanfaat selanjutnya yaitu Diskusi, obrolan dengan materi yang agak berisi, seperti membahas kejadian terhangat suatu daerah/negara atau seorang tokoh dan lain sebagainya.

Ada berbagai macam cara atau tips untuk menjadikan kegiatan ngobrol bersama sahabat atau teman Anda menjadi obrolan yang sehat dan bermanfaat. Berikut Tipsnya :
  • Biasakan menanamkan suatu tujuan obrolan di pikiran Anda sebelum memulai suatu obrolan. Apabila obrolan terjadi secara spontan, usahakan untuk memunculkan tujuan obrolan tersebut di tengah berlangsungnya obrolan Anda. Bila perlu bicarakan tujuan obrolan ini kepada lawan bicara Anda di awal obrolan. Bila Anda merasa tidak enak atau sungkan, maka hal ini cukup untuk Anda pikiran saja.
  • Bila tujuan dari obrolan sudah Anda pegang, maka usahakan obrolan Anda tetap fokus terhadap masalah yang diobrolkan. Bila terpaksa terpancing untuk membicarakan hal lain yang berkembang, biasakan untuk mengingat kaitan dari pengembangan tersebut terhadap obrolan utama tadi.
  • Biasakan menjadikan semua kategori obrolan menjadi kategori diskusi. Hal ini dapat dimulai dengan sebuah pertanyaan seperti "Bagaimana pendapat Anda", "Bagaimana Anda apabila", "Apakah Anda memiliki ide tentang" dan lain sebagainya. Sehingga kategori gosip, curhat yang kurang bermanfaat tadi bisa masuk dalam kategori diskusi, yang menjadikan kategori gosip dan curhat menjadi lebih bermanfaat.
  • Biasakan membuat suatu kesimpulan tentang obrolan yang dilaksanakan. Utarakan kesimpulan itu kepada lawan bicara dan mintalah kesimpulan dari lawan bicara Anda. Dan biasakan setelah mengutarakan masing-masing kesimpulan, segeralah untuk menyudahi pembicaraan. Hal ini untuk menjaga kualitas obrolan Anda tadi agar tidak dicemari oleh obrolan yang tidak bermanfaat lainnya.
Apabila Anda ingin menerapkan tips ini, mungkin akan sangat mudah apabila lawan bicara Anda adalah sahabat atau orang yang Anda kenal. Jika hal ini diterapkan dengan orang yang belum Anda kenal yang tiba-tiba bertemu di tengah perjalanan, maka tujuan dan kesimpulan pembicaraan sebaiknya hanya untuk konsumsi Anda sendiri.

Untuk menerapkan tips di atas pada awalnya mungkin Anda akan terasa kaku atau berat. Akan tetapi jika Anda sudah terbiasa dengan cara-cara diatas, obrolan Anda akan sangat menyenangkan tanpa mengesampingkan dari

Post a Comment

[blogger]
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget