loading...

Tips Menyikapi Kritikan Dari Orang Lain

Setiap manusia pasti tidak luput dari kesalahan, namun manusia juga bisa memperbaiki kesalahan tersebut, disetiap kesalahan baik itu kesalahan kecil maupun besar pasti ada kritikan dari seseorang.

Kritikan itu sebenarnya adalah sebuah nasihat, meskipun terkadang penyampaian dari seseorang yang mengkritik terasa pedas dan menjatuhkan kita. Kritikan itu bersifat membangun, karena dengan kritikan, kita akan tahu akan kekurangan kita, tinggal kita bisa menyikapinya secara dewasa atau tidak.
Setiap manusia mempunyai sifat yang berbeda-beda, ada yang senang dikritik/bisa menerima kritikan dari orang lain dan ada juga yang tidak suka dikritik.

Terus bagaimanakah dengan Anda? nah, berikut ini adalah sedikit tips menyikapi kritikan dari orang lain buat anda yang tidak suka dikritik :

  • ‌Sabar, tahan diri anda dari amarah, marah adalah sinyal alami yang mengatakan bahwa Anda sedang dikritik. Setiap orang memang berhak mengutarakan pendapatnya. Biarpun kritikan itu sepedas 10 cabe merah, usahakan agar Anda tidak marah.
  • Terimalah kritik dengan lapang dada, mungkin kritikan orang itu salah menurut Anda, namun orang itu menganggapnya benar. Jadi terimalah degan sikap yang terbuka, bila perlu ubahlah pandangan si pengkritik, pahami apa yang dikritik sehingga anda dapat menanggapinya secara tepat.
  • Jangan masukkan kritik ke dalam hati, meskipun Anda bersikap terbuka, bukan berarti Anda selalu memasukkan kritik ke dalam hati dan menjadikannya sebagai urusan pribadi.
  • Mintalah keterangan yang lebih spesifik dari pengritik, mungkin kritikan orang itu benar, jadi cobalah untuk memahami dan meminta keterangan yang lebih jelas mengenai apa yang dikritik orang tersebut.
  • ‌Jangan balas kritik dengan kritik, tugas Anda adalah menyikapi kritik agar Anda dapat meraih lebih banyak perbaikan dan keuntungan dari kritikan itu. Membalas kritik dengan kritik sama dengan menyulut perdebatan yang tidak perlu.
  • ‌Bertanyalah pada diri sendiri, perbaikan apa yang bisa anda lakukan, dengan demikian anda mampu melihat kritik sebagai perbaikan bagi diri sendiri.
  • ‌Mintalah pendapat dari orang lain, bila anda tidak yakin dengan sebuah kritik, mintalah pendapat dari orang lain yang benar-benar tulus. Pendapat mereka dapat membantu anda menemukan bagian mana dari kritik itu yang benar atau salah.
  • ‌Biasakan diri anda menerima kritik, membiasakan diri berarti menyikapinya dengan tenang dan positif. Jangan ragu untuk mengucapkan terima kasih atas kritikanya.
Sepedas apapun kritikan orang itu, jika Anda bisa menyikapinya secara dewasa dan segera memperbaikinya itu adalah sebuah keuntungan buat Anda.
Labels:

Post a Comment

[blogger]
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget