Jenis jenis ayam aduan

Jenis-jenis Ayam Aduan, ayam petarung, ayam bangkok, pama ,birma, saigon
Jenis-jenis Ayam Aduan, ayam merupakan binatang yang mempunyai banyak variasi gaya unik dalam bertarung, pada umumnya ayam Bangkok yang paling populer di kenal masyarakat umum sebagai ayam petarung.

Dikalangan penggemar ayam aduan di indonesia banyak yang lebih memilih ayam bangkok sebagai jagoannya, dalam faktanya, ayam petarung bukan hanya ayam bangkok saja melainkan ada beberapa jenis ayam petarung yang berasal dari beberapa negara di Asia yang mempunyai kelebihan masing-masing, dan berikut adalah Jenis-jenis Ayam Aduan saat ini :

1. Ayam Bangkok
Menempati posisi pertama dari jenis-jenis ayam petarung adalah ayam Bangkok yang berasal dari Thailand, di samping dikenal sebagai ayam terpopuler di kalangan penggemar ayam aduan. Ayam bangkok juga memiliki otak paling cerdas saat di arena pertarungan. Hal ini didapatkan tergantung dari garis keturunan, cara merawat ayam, dan cara melatih ayam yang dilakukan peternak/pemilik. Karena itu, jenis ayam ini bisa memiliki gaya bertarung yang khas, cepat, keras dan mematikan.

2. Ayam Taiwan
Ayam Taiwan merupakan Trah ayam yang berasal dari kepulauan Taiwan ( Formosa ). Ayam Taiwan punya pukulan yang sangat keras rata rata mengarah ke kepala lawan terkadang ada ketip bulu sehingga yang di patuk tidak hanya kepala namun juga punggung dan leher. Untuk teknik rata rata kontrol aktif sangat cepat (Tempel pukul) namun ada pula yang berteknik seperti ayam Bangkok peluk kanan kiri, ngalung, bongkar sayap dsb. Ayam Taiwan mempunyai mental yang sangat bagus dan pantang menyerah dalam sebuah pertarungan hanya saja pada saat remaja ayam baru berani bertarung sekitar umur 8 - 9 bulan, ada juga yang lebih awal.

3. Ayam Brazilian
Sesuai namanya, ayam ini berasal dari Brasil. Jenis ayam Brazilian terkenal dengan gaya bertarung dengan kecepatan pukulannya. Ayam Brazil berpenampakan seperti ayam Pelung di Jawa Barat badan tampak tinggi, tulangan kasar secara umum gerak geriknya tidak begitu lincah terkesan lamban, karena ayamnya tinggi otomatis kakinya juga panjang.

4. Ayam Burma
Dalam bertarung, jenis ayam petarung satu ini punya semangat memenangkan pertarungan yang sangat luar biasa. Gaya bertarung begitu
ofensif, menyerang langsung ke arah lawan. Karakter ayam Burma yang kuat, seringkali memberi ide kepada para penggemar ayam petarung untuk mengawinkan ayam Burma dengan ayam Bangkok. Tujuannya supaya di hasilkan keturunan ayam yang membawa karakter induk.

5. Ayam Shamo
Ayam Shamo dikenal juga dengan julukan "Ninja Mini dari Jepang". Dibandingkan ayam aduan lainnya, bentuk fisik ayam Shamo paling atletis. Satu hal lagi, ayam Shamo punya "pukulan" yang akurat mengenai lawan.

6. Ayam Philiphine
Ayam yang berasal dari negara Filipina ini dikenal dari kecepatan gerak dan taji pisau yang mampu melukai lawan.

7. Ayam Saigon
Vietnam juga punya ayam petarung yang tak kalah hebatnya. Namanya dikenal di kalangan penggemar ayam dengan sebutan ayam Saigon. Ayam ini sangat tahan banting dengan kekuatan "pukulan" melebihi beberapa ayam petarung lainnya. Ciri fisik yang bisa dikenali dari ayam Saigon adalah botaknya. Ya, di bagian leher dan kepala ayam Saigon memang tidak ditumbuhi bulu seperti kebanyakan ayam lainnya.

8. Ayam Siam
Hampir mirip dengan ayam Burma, ayam Siam juga memiliki karakter pantang menyerah ketika di arena. Ayam ini mempunyai "pukulan" yang cukup keras dan gaya bertarung paling variatif dibandingkan ayam aduan lainnya.

9. Ayam Turki
Ayam yang berasal dari Negara turki, ayam ini mempunyai kecepatan dalam bertarung yang sangat cepat, teknik yang beariatif, tetapi nafas tidak bagus untuk waktu yang lama.

Dari berbagai jenis ayam diatas merupakan jenis ayam asli dari Negara masing-masing, dalam perkembangan jaman sekarang telah banyak menciptakan jenis ayam petarung dengan menyilangkan antara ayam dari negara yang berbeda-beda, dan berikut adalah hasil dari perkawinan silang ayam yang berbeda :

- Ayam Pama
Pama Adalah ayam dari perkawinan silang antara Ayam Burma dan Bangkok. Ayam Pama mempunyai jenis permainan yang bisa dibilang unik dimana tingkat akurasi/ketepatan pukulannya sangat tinggi. Pukulannya yang keras dan cepat selalu mengenai bagian kepala, mata & paruh. Tehnik permainannya yang unik. Evolusi Pama telah berlaku di Thailand dan kini di mana hampir 90% darah ayam aduan mereka yang masuk ke arena gelanggang aduan merupakan turunan dari darah ayam Pama.

- Ayam Pakhoy
Ayam Pakhoy adalah trah baru yang terdiri dari 4 darah yaitu bangkok, burma, Saigon, Brazil, yang setelah direlease ternyata hampir selalu
mampu mengalahkan ayam Burma, ciri khas ayam pakhoe yaitu memiliki kecepatan yang bagus, arah serangan ke badan dengan pukulan yang berat, senjata utama adalah menyerang lawan yang selalu jaga jarak.

- Ayam Magon
Ayam jenis ini merupakan jenis ayam petarung hasil kawin silang atau cressbredding antara Burma dan Saigon, jenis ini mempunyai 2 karakter bertarung yg bervariatif sekali dari akurasi pukulan, ketahanan, kecerdasan dalam bertarung yang komplit.

- Ayam Mathai
Ayam jenis ini merupakan kawin silang antara Burma dan Bangkok, jenis ini karakter tarung dengan kecepatan yang sangat luar biasa, akurasi pukulan yang mantap, dan cenderung bisa bertarung dengan jarak pendek dan jauh.

- Ayam Makhoy
Jenis ayam ini merupakan kawin silang antara Pakhoy dengan Burma, ayam makhoy cenderung kecil tetapi mempunyai gaya bertarung yang lebih menarik.

Sekian semoga bermanfaat sebagai pengetahuan para bebotoh ayam petarung indonesia.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jenis jenis ayam aduan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

Artiku Indonesia Blogger